Senin, 27 Maret 2017

TEKS ANEKDOT

         A.         Pengertian:
Teks anekdot merupakan suatu cerita pendek yang bersifat lucu, akan tetapi mempunyai maksud untuk mengkritik. Biasanya yang di kritik dalam teks anekdot adalah layanan publik dalam bidang sosial, hukum, lingkungan dan politik.
Teks anekdot merupakan suatu cerita singkat yang lucu dan dapat menghibur yang mungkin diambil dari pengalaman hidup seseorang.
         B.         Ciri ciri teks anekdot :
1.      Pada umumnya menampilkan karakter hewan dan figur manusia.
2.      Lebih mendekati perumpamaan tentang dongeng.
3.      Bersifat humoris.
4.      Berupa sindiran.
5.      Ditujukan pada orang-orang yang penting.
6.      Berkaitan dengan relitas, meskipun perumpamaan dan anekdot mempunyai perbedaan.


         C.         Struktur Teks Anekdot
Sama dengan teks lainnya, teks anekdot juga mempunyai struktur. Berikut ini adalah penjelasan mengenai struktur teks anekdot :
1.      Abstraksi, merupakan bagian awal paragraf yang berfungsi untuk memberikan suatu gambaran yang jelas tentang isi dari teks anekdot.
2.      Orientasi, merupakan gambaran suasana yang terjadi pada awal cerita.
3.      Event, merupakan gambaran dari rangkaian suatu cerita yang terjadi.
4.      Krisis, merupakan masalah utama yang terdapat dalam sebuah teks anekdot.
5.      Reaksi, yaitu cara untuk menyelesaikan suatu masalah yang timbul di dalam krisis.
6.      Koda, merupakan perubahan yang terjadi pada tokoh.
7.      Re-Orientasi, merupakan suatu penutup atau bagian akhir dari teks anekdot.

         D.         Beberapa kaidah bahasa:
1.      Menggunakan waktu yang lampau.
2.      Menggunakan kata penghubung atau konjungsi.
3.      Menggunakan kalimat perintah.
4.      Menggunakan pernyataan yang rotoris.
5.      Menggunakan kata kerja.
6.      menggunakan kalimat seru.

         E.         Contoh Teks Anekdot
Kesetrika
Suatu hari yang cerah, datanglah seorang laki-laki kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar.
Dokter : “Loh, kenapa telinga anda pak ?”
Pasien : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika baju, nah pada saat saya sedang menyetrika, tiba-tiba telpon saya berdering. Karena reflek, pada saat itu setrika yang saya pegang saya tempelkan ke telinga kiri saya dok.”
Dokter : “Oh jadi begitu pak, saya paham keluhan Anda, terus kalau telinga Bapak yang kanan kenapa ?”
Pasien : “Nah itu dia Dok, si bego itu nelpon lagi.”

Bagian-Bagian Struktur dari Teks Anekdot Kesetrika :
·       Abstraksi : Suatu hari yang cerah
·       Orientasi : Datanglah seorang laki-laki kerumah sakit dengan kedua telinganya yang terkena luka bakar.
·       Krisis : “Begini dok, tadi saya sedang menyetrika baju, nah pada saat saya sedang menyetrika, tiba-tiba telpon saya berdering. Karena reflek, pada saat itu sektrika yang saya pegang saya tempelkan ke telinga kiri saya dok.”
·       Reaksi : “Oh jadi begitu pak, saya paham keluhan anda, terus kalau telinga bapak yang kanan kenapa ?”

·       Koda : “Nah itu dia dok, si bego itu nelpon lagi.”

0 komentar:

Posting Komentar